Jumat, 14 Oktober 2016

5 Cara Ini Membuat Petani Sukses Menanam Gambas atau Oyong

Cara Menanam Sayuran Gambas - Buah Gambas atau sering disebut dengan oyong mungkin sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, jenis sayuran yang satu ini paling banyak dimanfaatkan untuk membuat sayur bening....

Buah Gambas atau oyong yang dimanfaatkan adalah buah yang masih muda, karena buah gambas jika sudah tua akan keras dan daging di dalamnya akan banyak mengandung serat-serat....

Jika Anda berminat untuk membudidayakan tanaman gambas, maka Anda tidak perlu khawatir,, sayuran yang merambat ini sangat mudah hidup....


Cara bercocok tanam gambas atau oyong ini dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti cara menanam labu siam atau cara menanam pare, berikut langkah-langkah cara menanam gambas atau oyong yang baik dan benar.


1. Lakukan Pemilihan Bibit Gambas dari Oyong Yang Sudah Tua dan Kering di Pohonnya


Menyiapkan bibit gambas dilakukan dengan mengambil biji gambas atau oyong dari buah gambas yang tua di pohon, biarkan buah sampai mengerin di pohon. Setelah itu petiklah, belah kulit buah gambas dan ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari dan angkat, kemudian letakkan pada wadah dan tempatkan di area yang teduh.

Jika anda tidak mau repot, bibit gambas juga dapat dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yang memiliki tanggal kadaluarsa masih lama. Dan pastikan kemasan bibit masih utuh dan tidak ada bolong-bolong sekecil apapun. Karena dikhawatirkan ada semut atau kutu yang memakan biji yang ada dalam kemasan.

2. Menyiapkan Lahan Tanam Yang Gembur dan Subur Agar Oyong Mudah Tumbuh dan Berbuah



Persiapan lahan untuk menanam gambas dilakukan dengan tujuan agar tanah gembur dan mampu untuk memberikan nutrisi pada tanaman stroberri.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembajakan menggunakan traktor atau menggunakan bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan menggunakan cangkul. Pada saat penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga agar tanaman tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan dapat dibuat dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk kandang secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melakukan persiapan yang baik untuk mendapatkan tanaman gambas atau oyong yang subur dan dapat berbuah banyak.

3. Menanam Biji Gambas dengan Menggunakan Tugal


Tidak seperti jenis tanaman lainnya, untuk menanam gambas tidak perlu dilakukan penyemaian. Biji-biji oyong yang dijadikan bibit langsung ditanam ke lubang tanam buatan dengan menggunakan tugal (Kayu yang diruncingkan) atau bisa menggunakan cangkul.

Penanaman dilakukan dengan jarak 100 cm x 100cm. Jika Anda menggunakan mulsa, maka Anda harus membuat lubang terlebih dahulu.

Setelah penanaman dilakukan perlu disiram untuk menjaga agar tanah tetap lembab sehingga bibit tomat tidak layu.

Masukkan 2 buah biji gambas pada setiap lubang, kemudian tutup menggunakan tanah. Bibit Gambas atau oyong akan mengeluarkan tunas pada umur 5 hari setelah tanam.


4. Lakukan Perawatan Pada Tanaman Gambas/Oyong dengan Benar Agar Mendapatkan Buah Yang Lebat


Cara merawat tanaman gambas dapat dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di area penanaman, dan buatlah para-para sebagai rambatan pohon gambas jika sudah mulai menjulur. Ukuran antar tiang pancang 2m x 2m sesuai dengan jarak tanam dengan tinggi sekitar 200cm. Untuk anyaman para bagian atas dapat menggunakan kawat atau juga bisa menggunakan bambu.
para-para labu siam, menanam labu siam, manfaat labu siam bagi kesehatan

Jika tanaman gambas diserang kutu daun atau hama lainnya maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yang dianjurkan (baca aturan pakai pada kemasan). Jika anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, belilah obat semprot organik yang dijual di kios-kios pertanian.

5. Masa Panen Gambas / Oyong adalah 3 Bulan dari Penanaman

 
Masa panen gambas adalah pada umur 3 bulan dari penanaman. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan buah gambas yang segar dan yang perlu diperhatikan bahwa buah gambas atau oyong yang enak adalah buah yang muda. 
 
Jangan terlalu lama membiarkan buah gambas di pohonnya karena akan menyebabkan tidak enak dikonsumsi.,
 
Demikian panduan menanam gambas yang sangat mudah dilakukan, Cara perawatan memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya gambas atau oyong.. Mari dukung untuk menghijaukan bumi dengan Membudayakan Menanam. Anda dapat menanam apa saja di lahan yang Anda miliki seperti menanam Cabe Rawit atau menanam Bunga Matahari..

Tidak ada komentar:
Write komentar