Sabtu, 15 Oktober 2016

Hebat Dengan Cara Menanam Ini, Kangkung Tumbuh Subur dan Panen Banyak

Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar - Makanan olahan kangkung menjadi makanan yang banyak dijumpai di Nusantara ini, Sayur kangkung banyak digemari masyarakat karena memiliki rasa yang nikmat.. selain rasa yang enak,,ternyata kangkung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat sayuran kangkung bagi kesehatan tubuh :
  1. Mengatasi Insomnia, Kandungan selenium dan zinc pada kangkung dapat mengakibatkan efek mengantuk dan terlelap pada orang yang mengkonsumsinya.
  2. Mengatasi sembelit, kangkung dipercaya memiliki banyak kandungan serat yang berguna untuk memperlancar pencernaan.
  3. Mencegah anemia, kandungan zat besi yang terdapat pada kangkung dapat menambah hemoglobin pada tubuh manusia sehingga mencegah terjadinya anemia.
  4. Menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mata, kandungan Vit C dan Vit A sangat berguna bagi kekebalan tubuh dan kesehatan mata.
Itulah beberapa manfaat yang diberikan dari tanaman kangkung bagi kesehatan, selain itu juga kangkung juga dipercaya dapat menjaga kesehatan hati (liver) dan menjaga usus dari parasit.

Sayuran, Cara menanam kangkung yang baik dan benar, Budidaya kangkung darat yang benar, cara perawatan pda budidaya kangkung, Manfaat kangkung bagi kesehatan, Kangkung,

Untuk membudidayakan tanaman tomat juga terbilang cukup mudah, tanaman yang satu ini cukup baik adaptasinya terhadap lingkungan. Jika Anda berminat untuk berkebun tomat, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.


1. Menyiapkan Lahan Tanam Kangkung Dengan Menggemburkan dan Membentuk Tegalan

Sayuran, Pertanian, Cara menanam tomat yang benar, cara budidaya tomat agar berbuah banyak, tanaman tomat, Tomat, Cara melakukan perawatan tanaman tomat,

Persiapan lahan untuk menanam kangkung dilakukan dengan tujuan agar tanah gembur dan mampu untuk memberikan nutrisi pada tanaman kangkung.

Jika Anda ingin menanam kangkung pada kebun, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembajakan menggunakan traktor atau menggunakan bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan menggunakan cangkul. Pada saat penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga agar tanaman tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan dapat dibuat dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk kandang secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Jika Anda ingin menanam kangkung pada polybag, maka Anda harus mengisi polybag dengan tanah subur dan gembur terlebih dahulu.

Tanah yang diisikan ke polybag juga bisa dicampur dengan pupuk kandang dan serbuk gergaji.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melakukan persiapan yang baik untuk mendapatkan tanaman kangkung yang subur dan dapat berbuah banyak.

2. Menyiapkan Bibit Kangkung dari Biji Pilihan dan Melakukan Penyemaian


Menanam kangkung sebenarnya dapat secara langsung dengan menanam biji kangkung di area tanam, namun juga bisa dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Bibit kangkung dapat diperoleh dari toko pertanian.
bibit kangkung
Biji Kangkung


Jika anda memilih untuk menyemai bibit terlebih dahulu, anda harus membuat area semaian dengan menggemburkan Tanah dengan luasan tertentu sesuai kebutuhan tanam dan jumlah bibit.

Bentuk area semaian menjadi guludan atau tegalan. Setelah itu taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos, biarkan 1 hari area semaian. Setelah satu hari taburkan biji kangkung yang telah dibeli secara merata dan tutup dengan Tanah secara merata dan tipis.

Tutup area semaian dengan jarring atau daun-daun dengan jarak 20 cm-30cm dari permukaan semaian. Lakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore, biasanya benih kangkung akan tumbuh setelah 5 -7 hari dari penaburan. Bibit hanya bisa dipindah jika sudah mempunyai daun 3 - 4 helai atau tinggi 10-15 cm..

3. Pemindahan Bibit Semaian Ke Lahan Tanam


Jika pada tahap penyiapan bibit Anda pilih dengan membuat semaian, maka Anda harus memindahkan bibit kangkung semaian setelah mencapai tinggi sekitar 10cm - 15 cm. Pemindahan sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari,,,

Sebelum dipindahkan, sebaiknya lakukan penyiraman terlebih dahulu pada area semaian..hal ini berfungsi agar akar kakngkung bisa ikut tercabut...

Untuk melakukan penanaman kangkung pada lahan yang telah disiapkan dapat dilakukan dengan mambuat lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 15cm -20cm....

Setelah bibit kangkung selesai dipindahkan ke lahan tanam, maka perlu dilakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah dan menjaga agar bibit kangkung yang baru ditanam tidak layu..

Langkah termudah adalah dengan menanam biji kangkung langsung ke lahan tegalan yang sudah disiapkan sebelumnya...

Anda hanya cukup membuat lubang dengan menggunakan tugal (kayu yang diruncingkan) dengan jarak tanam 15cm - 20cm.

Masukkan 3 bulir biji kangkung pada setiap lubangnya,,,dan lakukan penutupan dengan menekan lubang secara perlahan..

Sayuran, Cara menanam kangkung yang baik dan benar, Budidaya kangkung darat yang benar, cara perawatan pda budidaya kangkung, Manfaat kangkung bagi kesehatan, Kangkung,

4. Melakukan Perawatan Terbaik Pada Tanaman Kangkung Agar Tumbuh Subur dan Bebas dari Hama

Perawatan memegang peranan penting juga terhadap keberhasilan dalam budidaya kangkung, perawatan sangat diperlukan untuk menjadikan tanaman kangkung tumbuh dengan subur dan mendapatkan nutrisi untuk mengeluarkan banyak buah.
Perawatan juga bisa menjadikan tanaman kangkung Anda menjadi tanaman organik atau non organik itu semua tergantung Anda menggunakan pemupukan jenis apa.
Beberapa perawatan yang biasa dilakukan dalam membudidayakan Kangkung adalah sebagai berikut:

a. Pemupukan Pada Tanaman Kangkung

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik jika Anda menginginkan tanaman kangkung organik.

Namun jika Anda ingin menanam tomat non organik maka pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kimia.

Pemupukan dengan pupuk kimia dilakukan pada usia satu minggu berikan campuran urea dan KCl dengan perbandingan 1:1 sebanyak 1-2 gram per tanaman. Kemudian setelah umur 2-3 minggu berikan kembali urea dan KCl sebanyak 5 gram per tanaman.

Bila pada umur lebih dari 4 minggu tanaman masih terlihat kurang gizi berikan urea dan KCl sebanyak 7 gram per tanaman. Perhatikan, pemberian urea dan KCl jangan sampai mengenai tanaman karena bisa merusak tanaman kangkung Anda.

Berikan jarak 5-7 cm dari tanaman


b. Penyiangan Rumput


Penyiangan rumput liar dilakukan jika Anda tidak menggunakan pelatik mulsa, jika Anda menggunakan mulsa pertumbuhan rumput dapat ditekan.

Pembersihan bertujuan untuk membasmi gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kangkung Anda..


c. Penyulaman Kangkung


Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit kangkung yang mati setelah ditanam, atau bibit yang memiliki pertumbuhan yang kurang.

Penyulaman dilakukan secepatnya jika sudah ada indikasi tanaman mati, sehingga bibit hasil sulaman dapat mengejar petumbuhan kangkung awal..

d. Pembasmian Hama
Apabila serangannya parah, hama dan penyakit tersebut bisa disemprot dengan pestisida. Gunakan obat pembasmi hama secara bijak,sesuaikan dengan takaran yang tertera pada label. Apabila kangkung yang akan digunakan untuk pasar organik, sebaiknya menggunakan pembasmi hama yang berbahan alami.

e. Penyiraman

Pemberian air sangat mendukung pertumbuhan tanaman kangkung Anda, pohon kangkung memerlukan air yang banyak namun tidak berlebihan.

Lakukan penyiraman secukupnya pada pagi dan sore hari, namun saat kondisi musim hujan penyiraman dapat dikesampingkan..

5. Masa Panen Untuk Tanaman Kangkung
Sayuran, Cara menanam kangkung yang baik dan benar, Budidaya kangkung darat yang benar, cara perawatan pda budidaya kangkung, Manfaat kangkung bagi kesehatan, Kangkung,


Masa panen kangkung darat adalah 25-30 hari dari penanaman. Kangkung darat sebaiknya dipanen dengan cara mencabut kangkung dengan akarnya. Namun jika anda menginginkan agar bisa dipanen 2 kali, pemanenan kangkung dapat dilakukan dengan memotong kangkung menggunakan pisau.

Kangkung yang segar hasil panen sendiri dengan penanaman secara organik siap untuk dijadikan sayur bagi keluarga, selain menambah rasa enak bagi makanan anda, kangkung juga akan menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan keluarga anda.
Itulah 5 langkah cara menanam kangkung yang baik dan benar agar tumbuh subur, biasanya yang sering dilupakan adalah bagaimana cara melakukan perawatan pada tanaman kangkung yang baik dan benar sehingga tanaman kangkung kekurangan nutrisi.. Mari untuk membudidayakan tanaman kangkung dan tanaman lainnya seperti menanam cabe rawit agar dapat menunjang perekonomian Indonesia serta budayakan menanam untuk menjadikan bumi tetap hijau....

3 komentar:
Write komentar
  1. Waaawww enak bangat tw kangkung, ane paling deman ama sayur kangkung.. akan ane coba tips dan langkah untuk menanam kangkung... wkwkwk

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Sebetulnya nanam kangkung atau tomat atau keduanya sekaligus.

    BalasHapus