Minggu, 02 Oktober 2016

Bongkar Rahasia Cara Menanam Strawberry Agar Tumbuh Subur

Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat- Buah Strawberry menjadi salah satu buah-buahan yang banyak digemari masyarakat, buah yang memiliki rasa manis keasaman ini menjadikan sensasi segar.. Dikutip dari Wikipedia bahwa Buah strawberry berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry". (sumber: Wikipedia).

Menanam Buah, Cara menanam strawberry, Pupuk yang cocok untuk strawberry, cara budidaya strowberi organik, manfaat strowberry bagi kesehatan, Cara perawatan pada tanaman strawberry, strawberry


Selain memiliki rasa yang segar, buah stroberi juga memiliki manfaat yang banyak lho bagi kesehatan...

Berikut beberapa manfaat yang dari buah strawberry yang paling banyak diketahui:
  1. Menjaga kesehatan jantung, Vitamin C dan Anthocyanidins dalam buah strawberry berguna untuk menjaga arteri dari kerusakan dan mencegah pembekuan darah.
  2. Mencegah dari penyakit kanker, antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  3. Menurunkan kolesterol, zat pembentuk warna dan bau pada strawberry bermanfaat untuk mencegah penyakit cardiovascular
Untuk membudidayakan tanaman stroberi juga terbilang cukup mudah, Buah strawberry dapat dibudidayakan di kebun, namun juga dapat dibudidayakan di pot atau polybag. Secara garis besar cara menanamnya sama saja, hanya media tanamnya yang membedakan. Menanam strawberry dikebun memerlukan usaha yang lebih banyak dibanding menanam strawberry di pot atau polybag, karena harus mempersiapkan lahan tanamnya. Berikut adalah beberapa langkah menanam strawberry yang benar: 


1. Menyiapkan Lahan Tanam

Sayuran, Pertanian, Cara menanam tomat yang benar, cara budidaya tomat agar berbuah banyak, tanaman tomat, Tomat, Cara melakukan perawatan tanaman tomat,

Persiapan lahan untuk menanam stroberi dilakukan dengan tujuan agar tanah gembur dan mampu untuk memberikan nutrisi pada tanaman stroberri.

Jika Anda ingin menanam Strawberry pada kebun, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembajakan menggunakan traktor atau menggunakan bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan menggunakan cangkul. Pada saat penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga agar tanaman tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan dapat dibuat dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk kandang secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Jika Anda ingin menanam strawberry pada polybag, maka Anda harus mengisi polybag dengan tanah subur dan gembur terlebih dahulu.

Tanah yang diisikan ke polybag juga bisa dicampur dengan pupuk kandang dan serbuk gergaji.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melakukan persiapan yang baik untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur dan dapat berbuah banyak.

2. Menyiapkan Bibit Strawberry dan Melakukan Penyemaian


Menyiapkan Bibit strawberry merupakan salah satu langkah kunci dalam menentukan hasil panen kemudian hari, bibit strawberry sebaiknya berasal dari bibit yang tahan terhadap hama atau penyakit, dan terbukti sudah menghasilkan.

Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, sebaiknya anda langsung mendatangi petani strawberry. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri, disamping anda bias mendapatkan bibit yang berkualitas, anda juga bisa langsung tanya jawab terkait trik-trik menanam strawberry agar sukses.

Selain dari petani, anda juga bisa mendapatkan bibit strawberry dari kios-kios yang menjual bibit dan obat-obatan pertanian.

Pilihlah bibit strawberry yang wadahnya masih bagus, tanggal kadaluarsanya masih lama, dan tidak ada lubang-lubang pada wadah yang memungkinkan semut atau kutu dapat masuk dan merusak biji strawberry.

Setelah mendapatkan bibit, langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian bibit-bibit strawberry. Buatlah tempat penyemaian dengan menggemburkan Tanah menggunakan cangkul dan dibuat bedengan atau galengan.

Luas lahan persemaian disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Campurkan pupuk kandang pada Tanah yang telah digemburkan, aduk kembali dan bentuk lahan semai sampai permukaannya rata.

Taburkan biji-biji strawberry secara merata, dan tutup dengan menggunakan Tanah yang halus secara merata dan lapisan penutupnya jangan terlalu tebal.

Buatlah peneduh dengan menggunakan daun-daun atau menggunakan jaring pertanian. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

3. Pemindahan Bibit Strawberry Semaian Ke Lahan Tanam


Pemindahan bibit Strawberry ke lahan tanam permanen dilakukan setelah bibit Strawberry sudah memiliki tinggi sekitar 10 - 15cm.

Penanaman Strawberry sebaiknya dilakukan pada sore atau pagi hari, hal ini bertujuan agar bibit tomat tidak layu terkena terik matahari. Jika pada oagi hari usahakan jangan sampai matahari sudah naik tinggi..

Sebelum bibit dicabut dari lahan semaian, sebaiknya siram terlebih dahulu agar bibit segar dan usahakan mencabut dengan tetap mengikutkan tanah semaian....

Penanaman dilakukan dengan jarak 40 cm x 40cm atau bisa lebih rapat dengan jarak tanam 30cm x 30cm. Jika Anda menggunakan mulsa, maka Anda harus membuat lubang terlebih dahulu.

Setelah penanaman dilakukan perlu disiram untuk menjaga agar tanah tetap lembab sehingga bibit Strawberry tidak layu.


4. Melakukan Perawatan Pada Tanaman Buah Strawberry


Menanam Buah, Cara menanam strawberry, Pupuk yang cocok untuk strawberry, cara budidaya strowberi organik, manfaat strowberry bagi kesehatan, Cara perawatan pada tanaman strawberry, strawberry

Cara perawatan tanaman strawberry yang benar akan sangat membantu keberhasilan budidaya strwberry...

Perawatan juga bisa menjadikan tanaman tomat Anda menjadi tanaman organik atau non organik itu semua tergantung Anda menggunakan pemupukan jenis apa.

Beberapa perawatan yang biasa dilakukan dalam membudidayakan tomat adalah sebagai berikut:

a. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik jika Anda menginginkan tanaman strowberi organik.

Taburkan pupuk kandang pada usia tanam sekitar 1 bulan...
Namun jika Anda ingin menanam tomat non organik maka pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kimia.

Pupuk diberikan pada umur 1,5 – 2 bulan setelah tanam dengan NPK (16-16-16) sebanyak 5 kg yang dilarutkan dalam 200 liter air, kemudian dikocorkan sebanyak 350-500 cc/ tanaman.

b. Penyiangan Rumput Pada Budidaya Strowberi

Penyiangan rumput liar dilakukan jika Anda tidak menggunakan pelatik mulsa, jika Anda menggunakan mulsa pertumbuhan rumput dapat ditekan.

Pembersihan bertujuan untuk membasmi gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman Strawberry Anda..

c. Pembasmian Hama Pada Tanaman Strawberry

Beberapa jenis hama dan penyakit yang kerap menyerang budidaya strawberry antara lain kutu daun, kutu putih, lalat buah, tungau, nematoda, dan lain sebagainya

Kutu Daun (Chaetosiphon fragaefolii)
Kutu berwarna kuning-kuning kemerahan, kecil (1-2 mm), hidup bergerombol di permukaan bawah daun. Tanda-tanda tanaman strowberry diserang kutu daun adalah pucuk/daun keriput, keriting, pembentukan bunga/buah terhambat. Untuk Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan menggunakan insektisida Fastac 15 EC & Confidor 200 LC.

Tungau (Tetranychus sp. & Tarsonemus sp.)
Tungau berukuran sangat kecil, betina berbentuk oval, jantan berbentuk agak segi tiga & telur kemerah-merahan. Tanda-tanda tanaman strowberry diserang Tungau adalah daun berbercak kuning sampai coklat, keriting, mengering & gugur. Untuk Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan menggunakan insektisida Omite 570 EC, Mitac 200 EC atau Agrimec 18 EC.

Kumbang penggerek bunga (Anthonomus rubi), kumbang penggerek akar (Otiorhynchus rugosostriatus) & kumbang penggerek batang (O. sulcatus). Tanda-tanda tanaman strowberry diserang Kumbang adalah di bagian tanaman yg digerek terdapat tepung. Untuk Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan menggunakan insektisida Decis 2,5 EC, Perfekthion 400 EC atau Curacron 500 EC pada waktu menjelang fase berbunga.

Kutu putih (Pseudococcus sp.)
Tanda-tanda tanaman strowberry diserang Kutu putih adalah bagian tanaman yg tertutupi kutu putih akan menjadi abnormal.Untuk Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan menggunakan insektisida Perfekthion 400 EC atau Decis 2,5 EC.

Nematoda (Aphelenchoides fragariae atau A. ritzemabosi) Hidup di pangkal batang tanaman stroberi bahkan sampai pucuk tanaman.
Tanda-tanda tanaman strowberry diserang Nematoda adalah tanaman tumbuh kerdil, tangkai daun kurus & kurang berbulu. Untuk Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan menggunakan nematisida Trimaton 370 AS, Rugby 10 G atau Nemacur 10 G..

d. Penyulaman Strawberry

Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit Strawberry yang mati setelah ditanam, atau bibit yang memiliki pertumbuhan yang kurang.
Penyulaman dilakukan secepatnya jika sudah ada indikasi tanaman mati, sehingga bibit hasil sulaman dapat mengejar petumbuhan Strawberry awal.

e. Penyiraman

Pemberian air sangat mendukung pertumbuhan tanaman Strawberry Anda, pohon Strawberry memerlukan air yang banyak namun tidak berlebihan.
Lakukan penyiraman secukupnya pada pagi dan sore hari, namun saat kondisi musim hujan penyiraman dapat dikesampingkan..


5. Masa Panen Tomat

Menanam Buah, Cara menanam strawberry, Pupuk yang cocok untuk strawberry, cara budidaya strowberi organik, manfaat strowberry bagi kesehatan, Cara perawatan pada tanaman strawberry, strawberry

Tanaman stroberi mulai berbunga pada umur 2 bulan setelah tanam. Namun pembuahan atau pembungaan pertama sebaiknya dibuang atau dipangkas karena belum bisa berproduksi secara optimum.

Setelah tanaman berumur 4 bulan mulai diarahkan untuk lebih produktif berbunga dan berbuah.Panen dilakukan dengan dipetik atau digunting bagian tangkai buah beserta kelopaknya, dan dilakukan secara periodik dua kali seminggu,,

Itulah 5 langkah cara menanam strawberry agar menghasilkan buah yang banyak, biasanya yang sering dilupakan adalah bagaimana cara melakukan perawatan pada tanaman strowberi yang baik dan benar sehingga tanaman kekurangan nutrisi..

Mari untuk membudidayakan tanaman tomat dan tanaman lainnya seperti menanam cabe rawit agar dapat menunjang perekonomian Indonesia serta budayakan menanam untuk menjadikan bumi tetap hijau....

11 komentar:
Write komentar
  1. Usia maksimal produksinya sampai berapa lama? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Pohon strawbery saya umur 3 Minggu udh berbunga,tp setelah itu tidak berbunga lg...yg tumbuh cuma anaknya....apa perlu di pangkas anaknya yg baru keluar tersebut...

    BalasHapus
  3. ketahuan copas nya, judulnya strawberry, tapi ada kata tomat yg belum di ganti jadi strawberry,

    BalasHapus
  4. Jadi pohon tomat apa strawbery itu?

    BalasHapus
  5. Pohon strawberry saya kok kayu dan hampir mati knp ya ?
    Parakan saya siram sangat rajin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Layu? Mungkin kbanyakan air, atau media tanam kurang cocok.. coba cek juga klo dsebabkan jamur dan kli terbukti ailahkan aprot pake fungisida

      Hapus
  6. Knapa sih tulisannya ky orang copy paste, kadang bahasan stroberi tapiii kadang stroberry dibilang tomat😜😜😜😩😩

    BalasHapus