Minggu, 10 September 2017

5 Langkah Cara Menanam Kol (Kubis) Agar Tumbuh Subur

Cara Budidaya Kubis Yang Baik dan Benar - Dikutip dari wikipedia bahwa Kubis atau Kol (Brassica oleracea L) merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang memiliki daun yang tersusun sangat rapat membentuk bulatan. Warna sayuran ini yang umum adalah hijau sangat pucat sehingga disebut forma alba (“putih”). Namun terdapat pula kubis dengan warna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra). Dari bentuk kropnya dikenal ada dua macam kubis: kol bulat dan kol gepeng (bulat agak pipih).

Tanaman Sayuran, Cara Menanam Kobis yang benar, Cara budidaya Kol agar berbuah baik, Tips menanam Kubis agar subur, Budidaya kubis yang benar, Sayuran Kubis

Bagaimana Langkah Menanam Kubil (Kol) Yang Baik dan Benar 

Untuk membudidayakan kubis atau kol agar tumbuh subur dan panen dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut: 

Langkah Pertama # Menyiapkan Bibit Kubis

Sepertihalnya cara menanam tomat, Bibit kubis harus disemai terlebih dahulu sebelum ditanam di lahan tanam permanen, untuk menyemai biji kubis maka perlu disiapkan lahan semai dengan cara mencangkul tanah dan menggemburkannya menggunakan cangkul, campurkan pupuk kandang sembari mengaduk-aduk tanah dan membentuk tegalan.

Biarkan media semai selama 3 hari sebelum biji kubis disemai. Setelah lahan semai dibiarkan 3 hari, langkah selanjutnya adalah menaburkan biji kubis ke media semai secara merada. Tutuplah biji kubis dengan lapisan tipis tanah yang ditaburkan merata. Buatlah peneduh dengan dedaunan yang dibuat seperti atap dengan jarak sekitar 20cm dari permukaan semaian.

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari untuk menjaga lahan semaian tetap lembab, biarkan bibit semaian sampai berumur 3 minggu untuk dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Langkah Kedua # Menyiapkan Lahan Tanam

Kubis atau Kobis sangat memerlukan lahan tanam yang gembur dan subur, oleh karena itu pengolahan lahan tanam kubis perlu dilakukan dengan cara yang benar. Bajaklah kebun anda untuk menggemburkan lahan tanam dan memberikan suplai oksigen dalam tanah, setelah itu gemburkanlah dengan menggunakan cangkul.

Saat menggemburkan, lahan tanam harus dibentuk tegalan dengan lebar 1 meter dan tebal sekitar 20cm-30cm. Sembari membentuk tegalan, campurkan juga pupuk kandang atau pupuk kompos secara merata. Buatlah tegalan dengan ukuran yang sama dengan jarak 50cm dari tegalan yang pertama, bentuk tegalan yang ain sampai semua lahan diolah. Biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami.

Untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput yang tidak terkendali, gunakanlah pelastik mulsa seperti cara menanam cabai. Pengaturan drainase atau aliran air juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena kubis tidak menyukai lahan tanam yang tergenang air atau becek. 

Langkah Ketiga # Menanam Bibit Kubis

Setelah lahan tanam selesai dibentuk dan bibit kubis telah memiliki sekitar 4 helai daun dan siap untuk ditanam, maka lakukan pemindahan bibit. Lakukan penyiraman terlebih dahulu sebelum bibit kubis dicabut.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari pada awal musim penghujan, untuk menanam buatlah lubang tanam dengan menggunakan tugal (tongkat kayu yang diruncingkan salah satu ujungnya). Jarak penanaman adalah 50cm antar lubang.

Langkah Keempat # Merawat Tanaman Sayuran Kubis

Perawatan yang perlu dilakukan adalah melakukan pemupukan pada 30 ahri setelah tanam, pemupukan dapat dilakukan dengan kimia seperti KCL, TSP, dan Za dengan dosis disesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika anda menginginkan tanaman kubis organik, maka lakukan pemupukan ulang dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos.

Lakukan perempelan tunas-tunas agar pembentukan bunga akan lebih optimal. Jika ada serangan hama, lakukanlah penyemprotan dengan bahan organik yang dapat diperoleh dari kios-kios pertanian.

Langkah Kelima # Masa Panen Kubis

Masa panen kubis adalah sekitar 80-100 hari dari penanaman, pemanenan dilakukan dengan memotong menggunakan pisau panen atau sabit. Usahakan mengikutkan 2 helai daun penutup kropnya.

Demikian mengenai langkah cara menanam kubis yang baik dan benar. Selain dibudidayakan di kebun, tanaman kubis juga bisa dibudidayakan di pot atau polybag. Cara yang dilakukan hampir sama, hanya saja media tanam yang disiapkan adalah pot atau polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang.

Selain enak dijadikan bahan masakan, ternyata kubis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : Menyehatkan sistem pencernaan, menjaga sistem imun tubuh, penangkal sel kanker, dan nutrisi bagi mata.

Selamat Mencoba dan Jangan Lupa diShare ya

Tidak ada komentar:
Write komentar